Monday, March 27, 2006

sebuah percakapan antara saya dan saya sadjah:

kata dia, saya socially insensitive..
menurut kamu, kenapa dia bilang begitu..?? bukannya kamu adalah orang yang sangat bangga akan kemampuan bersosialisasimu..??!!
ga tau.. saya juga bingung..
cari tau dong..!! kamu udah dikasih jalan buat sesekali melongok kedalam dirimu apa yang sesungguhnya kamu pancarkan keluar dari situ..
saya bisa bergaul dengan siapa saja.. saya suka bercakap dengan siapa saja, well.. tentu saja orangorang yang menurut saya percakapannya menarik; tapi itu pun hampir seluruh orang yang pernah saya ajak bercakap.. karna saya selalu menganggap menarik sebuah pemikiran dari orangorang yang berbeda.. saya bermain dengan siapapun yang mau bermain dengan saya.. saya menyapa siapapun yang saya kenal dan tersenyum pada siapapun yang mengajak saya tersenyum.. saya socially active..!! pasti otomatis saya socially sensitive.. kan..??!!
lalu, kenapa dia bilang kamu insensitive..??
hhh.. entahlah..!! tapi kamu tau..??!! seseorang bilang bahwa kejujuran seseorang hanya orang itu yang tau.. karna kejujuran ada di dalam hati dan orang lain ga bisa liat hati orang lainnya, orang lain percaya dan meyakini kejujuran karna dikelabuhi oleh rasa sayang.. dimana rasa sayang itu tercipta dari usaha orang itu untuk menjadi jujur atas kejujuran hatinya; tetapi dalam kasus saya, mungkin ketidakjujuran saya memancar karna kurangnya usaha saya untuk menciptakan sayang pada orang itu, sehingga dia tidak terkelabuhi dan tau bahwa tindakan saya tidak jujur dari dalam hati saya..
maksud kamu apa sich..??
pengakuan bahwa saya socially active.. jujurkah itu..?? saya mau mencoba jujur.. saya selalu menjadi pendengar yang baik saat temanteman bercakapcakap.. entah apapun isi percakapannya, saya merasa bahwa saya akan mendapatkan sesuatu dari sana.. tapi pembicaraan tentang kaya miskin.. dominansi penguasa.. penderitaan kelompok bawah.. gobloknya siA.. gebleknya siB.. aaachhh, itu bikin saya kesal..!! saya selalu duduk manis mendengarkan.. saya berkomentar bila memang diperlukan.. tapi saya tidak jujur.. saya tidak jujur bahwa saya kesal dengan percakapan sebelah pihak.. percakapan dengan pemikiran parsial tentang kehidupan sosial.. saya berpurapura jujur, tidak berusaha penuh dari dalam hati saya untuk jujur pada kejujuran saya dan menciptakan sayang yang dapat mengelabuhi orang itu.. orang itu tau, bahwa saya tidak tertarik.. lalu mencap saya seorang yang socially insensitive.. hah..!!
kamu terima apa yang dia bilang..??
kenapa engga..??!! toh saya memang tidak tertarik dengan percakapan sosial secara parsial.. bila saya minum red wine di sebuah cafe, saya memilih tidak berbicara tentang orangorang miskin yang kesulitan mendapatkan air bersih.. bila saya sedang tidur di sebuah hotel mewah, saya memilih tidak membicarakan orangorang yang tidur di emperan jalan.. saatsaat itu, saya socially insensitive.. bila yang dia maksud socially adalah kepedulian terhadap kesulitan orang lain: masyarakat bawah. red.
jadi kamu memang socially insensitive..??
partially, iyah.. tapi saya menolak dilihat dari satu sisi saja.. saya seperti juga individuindividu lain, yang lahir.. hidup.. lalu mati.. adalah sebuah mahluk yang kompleks. mahluk sederhana ketika terlahir, yang hanya bisa menangis, menetek ibu, ngompol dan berak setiap saya ingin, tertawa lalu menangis lagi.. lalu saya hidup.. dan saya cukup pintar seperti manusia lain cukup pintar untuk menyerap ilmu, norma, nilai yang beterbangan bebas di udara.. lalu saya semakin rumit.. saya dan hidup saya menjadi semakin kompleks.. lalu saya akan mati.. entah sebagai apa..
kamu ga perduli yah, sama orang miskin..??
hahahahahaha... saya tidak pernah mengerti arti kaya dan miskin..!! nah, saya jujur dech.. saya bodoh walaupun orang bilang itu naif.. saya sadar, ada orang yang bisa makan enak tanpa perlu berkeringat dahulu.. seperti saya; dan ada pula orang yang mau makan aja, mesti menggenjot pedal becaknya beratusratus kilo dan hanya bisa makan nasi bungkus pinggir jalan penuh debu.. apa menurut kamu, sebaiknya saya makan separuh saja makanan enak saya, lalu saya berikan separuhnya pada dia agar dia tidak perlu menggenjot becak lagi..?? hah.. bisabisa saya dilempari makanan enak itu di muka saya..!!
kenapa..?? dia pasti berterima kasih sama kamu.. ga perlu keringetan buat bisa makan, enak pula..
saya makan enak, tapi saya ga punya kebanggaan pada diri saya karna saya mengemis pada orang tua saya.. sementara dia, lelah.. berkeringat.. makan makanan biasa.. tapi dia bangga pada dirinya dan menikmati hasil kerjanya dengan kenikmatan yang jauh lebih tinggi dari saya.. kenikmatan dalam hati.. saya seorang pengemis yang makan enak.. dia seorang tukang becak yang makanannya berdebu.. mana yang kaya dan miskin menurut kamu..??
hhhhh... kamu bikin saya bingung..!!
hehehe.. jangan bingung dong!! gini aja dech.. saya capek nulis percakapan kita.. kata seseorang yang saya sayang: "setiap orang punya parameternya sendirisendiri dalam menilai sesuatu".. dan saya setuju dengan itu.. saya setuju bahwa kehidupan yang damai (dalam pikiran saya) adalah dimana orang bisa saling mengerti perbedaan parameter itu.. saling menghormati.. bisa hidup dengan perbedaan itu.. lalu bisa saling berkompromi tanpa saling memaksakan parameternya pada orang lain..
orang yang bilang saya socially insensitive punya parameternya sendiri; saya hormati itu.. coba mengerti dan berkompromi.. saya tidak kesal dan hidup saya tetap damai dengannya.. saya punya parameter saya tentang kaya dan miskin, tentang apa yang disebut kepedulian lingkungan.. sampai saat ini saya cukup puas dengan parameter saya.. dan saya terus hidup untuk belajar ilmu, norma dan nilai yang beterbangan bebas.. mungkin parameter saya akan berubah seiring perjalan hidup saya.. kita liat nanti ajah.. bila saya membenci seseorang, biarin aja.. hati saya sedang berkhianat.. toh saya manusia.. bukan malaikat.. saya juga seseorang yang kadang meninggikan atau merendahkan parameter orang lain.. sayang, saya belum bisa menciptakan dunia yang damai.. tapi saya cukup puas sekarang.. puas.. dan jari saya kram..!!
hahahahaha... kamu harus mandi, biar seger..!!

catatan kaki:
saya suka saatsaat saya bercakap bersama lakilaki itu di tengah malam; dia mengisi otak saya.. hati saya.. jiwa saya.. saya menjadi semakin pintar sekaligus bodoh bersamanya.. lakilaki itu; sebagian harta yang menjadikan saya kaya.. lakilaki itu saya sayang; hahaha.. sayang sesuai parameter saya.. ;)

No comments: