Wednesday, November 01, 2006

Bila diberi kesempatan untuk kembali ke masa lalu dan memperbaiki satu kesalahan hidup, mau dan mampukah kamu?!?

Sungguh, yang pertama kali terlintas saat menerima pertanyaan itu adalah kesalahan apa yang ingin atau harus aku perbaiki?!?

Bukan satu atau dua tingkah laku'ku di masa lalu [dan bahkan sekarang] yang merugikan diri sendiri dan juga orang lain. Lalu bila bisa merubah tapi harus memilih satu.. yang mana???

Sebenernya klo dipikirpikir lagi, dipikir benerbener.. kaya'nya ga ada kesalahan masa lalu yang perlu diperbaiki a.k.a dirubah.

Aku percaya, bila sesuatu terjadi karena suatu alasan.. sesuatu ada untuk suatu tujuan.. baik atau tidaknya alasan dan tujuan itu, tergantung pada diri kita untuk menelaah dan mengerti. Tapi aku lebih percaya, bila sang Maha Pengatur telah membuat rencana yang sungguh luar biasa.. lagilagi, terserah kita untuk mencoba memahami tentang rencana itu.

Kesalahan.. terjadi bukan tanpa alasan, bukan tanpa tujuan. Aku ga akan jadi aku yang sekarang, bila tidak melakukan atau melewati kesalahankesalahan dalam hidupku. Aku ga akan mengerti bahwa ada suatu kesempatan menjadi pribadi yang lebih baik, bila aku ga pernah melakukan kesalahan. Aku [mungkin] ga akan tau kebenaran, tanpa melewati kesalahan.

Kutengok dan kutelaah masa lalu'ku.. entahlah, ga kulihat penyesalan atas kesalahan apapun.. bukan keangkuhan apalagi kesombongan; hanya bersitan rasa syukur atas variasi jalan setapak'ku dalam rimba kehidupan. Jalan yang terkadang berbatu, berlubang dan kadang berjurang.. toh langkahku terus tercipta [alhamdulillah], walau dengan telapak kaki yang lecet penuh luka.. darahnya akan berhenti lalu kakiku menjadi lebih kuat menapak.

Ah, tentu saja diriku penuh kesalahan. Minal aidzin wal faidzin pada semua yang dirugikan oleh kesalahanku. Semoga, kesalahan itu membawa baik bagi jalanku dan bagi orangorang di sekitarku.

Sudahlah.. jangan bermimpi untuk mengulang masa lalu! Syukuri dan jalani perjalanan hidup hingga hidup itu terhenti [kelak].

No comments: